11 Agustus 2019

Tipe Jaringan Sensor Kendaraan (Vechicle Sensor Network)

Kendaraan, terutama mobil, kini memiliki sistem elektrik yang memadai untuk melakukan kendali terhadap fungsi  mobil secara elektronik. Bahkan berbagai mobil mewah kini sudah dilengkapi kemampuan komputasi sederhana untuk menunjang keamanan dan kenyamanan pengendara. Sekarang sistem keamanan kendaraan sangat tergantung pada teknologi sensor yang tersedia. Dari sekian bahnyak sensor yang ada, berikut beberapa diantaranya :

1. Sensor proximity, sensor ini merupakan sensor atau saklar yang dapat mendeteksi adanya target jenis logam dengan tanpa adanya kontak fisik.

2. Sensor sinar, terdiri dari 3 kategori yaitu fotovoltaic, fotokonduktif dan fotolistrik.

3. Sensor magnet, atau disebut juga relai buluh, adalah alat yang akan terpengaruh medan magnet dan akan memberikan perubahan kondisi pada keluaran.

4. Sensor suhu, terdapat 4 jenis utama sensor suhu yang umum digunakan yaitu thermocouple (T/C), resistance temperature detector (RTD), termistor dan IC sensor.

5. Sensor kecepatan, proses pengindraan sensor kecepatan merupakan proses kebalikan dari suatu motor, dimana suatu poros/obyek yang berputar pada suatu generator akan menghasilkan suatu tegangan yang sebanding dengan kecepatan putaran obyek.

6. Sensor tekanan, sensor tekanan ini memiliki transduser yang mengukur tegangan kawat, dimana mengubah tegangan mekanis menjadi sinyal listrik. Dasar penginderaannya pada perubahan tahanan pengantar (transuser) yang berubah akibat perubahan panjang dan luas penampangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tempat Camping dengan Pemandangan Alam Indah, di Kuningan, Jawa Barat

Bagi sobat travelling dan hobi menikmati pemandangan alam, aktivitas camping adalah salah satu aktivitas yang sangat ditunggu-tunggu di akhi...