Pencarian

Custom Search

Peluang Income dari Outsourcing

Mungkin kalau pembahasan tentang paid repiu, jualan link di blog, affiliate, PTC dan program lain sudah banyak dibahas dibanyak sekali blog teman-teman. Kali ini saya ingin menyoroti sebuah peluang income yang sepertinya belum sempat terbicarakan oleh blog teman-teman Indonesia yaitu outsourcing. Peluang dari outsourcing ini sangat besar bahkan mungkin ribuan dolar. Mungkin penghasilan dari blog juga teman-teman disini sudah banyak yang per bulannya ratusan dolar bahkan sampai digit 3 dari blog. Tapi inilah uniknya outsourcing, kita berperan bukan sebagai seorang blogger tapi freelancer. Nah sebetulnya apakah yang dimaksud dengan outsourcing tersebut ? Mari kita simak.

Outsourcing sebetulnya adalah mendelegasikan suatu pekerjaan kepada third party atau pihak ketiga. Outsourcing ini bisa juga dikenal dengan mengsub-kontrakkan pekerjaan kepada pihak ketiga. Kenapa harus ada outsourcing ? Sebetulnya outsourcing ini adalah upaya untuk menekan biaya atau cost untuk menghindari membangun infrastructure atau system sendiri. Benefit dari outsourcing ini adalah efektifitas, biaya yang lebih rendah, dan tingkat inovasi yang lebih baik.

Sebenarnya bentuk bisnis internet seperti apa yang bisa di outsourcing ?
a. Ebay styles auction dan sales sites.
b. Information portals dan market research sites.
c. Hampir semua bentuk website.
d. Blogs.
e. Newsletters.
f. Software developments.
g. Gaming systems.

Sebenarnya di internet ada 2 situs outsourcing yang sudah sangat terkenal yaitu www.elance.com dan www.guru.com . Elance berlokasi di California dan biasanya melayani bisnis menengah sampai besar dan saat ini elance memiliki 150,000 vendors. Guru berlokasi di Pittsburgh dan memiliki 500,000 vendors tapi memfokuskan ke bisnis skala kecil.

Ada juga situs seperti www.rentacoder.com yang merupakan situs tertua pemrograman dan memiliki 100,000 resources, spesialisasi pada IT. Rent-a-coder ini berlokasi di Texas. Nah, mungkin teman-teman juga sering mendengar www.getfreelancer.com , situs ini sebetulnya situs outsourcing juga dan kita juga bisa bergabung dengan situs ini. Situs ini berlokasi di Swedia. Atau juga situs www.sologig.com dimana tempat ini adalah tempat outsourcing untuk mencari graphics desainer.

Contoh sebuah order outsourcing di getfreelancer, bila teman-teman ada yang sudah bergabung dengan getfreelancer mungkin akan menemukan beberapa project job seperti ini :

Job type : data entry, data processing, excel
Budget : $250-$750

Kemudian para freelancer bisa untuk membid pekerjaan ini dengan rentang budget yang ditentukan oleh buyer. Disini saya juga sebenarnya member dari getfreelancer namun belum mendalami mengenai cara mendapatkan income dari situs ini. Berdasarkan keterangan dari situs ini uang bisa diwithdraw melalui kartu debit getfreelancer khusus, namun kalau saya baca di homepage blog ini pembayaran dapat dikirim melalui paypal, e-gold, wired transfer, check, moneybookers, dan western union. Mungkin kalau saya mengamati paling gampang pekerjaan dari getfreelancer ini adalah data processing, excel, graphics desain, banner desain, selebihnya adalah programming seperti PHP, Ajax, Joomla, Pearl, dll yang bisa dibilang membutuhkan keahlian khusus. Ini menurut saya peluang yang sangat baik sebagai peluang income selain dari blogger. Ya walaupun blog kita bisa menghasilkan ratusan dolar per bulannya namun ada baiknya kita coba untuk menekuni outsourcing ini.

Ya mungkin postingan kali ini adalah pembuka wacana kita bahwa betapa banyak sebenarnya peluang income di internet termasuk diantaranya menjadi seorang freelancer.

Wassalam.

English:

Income opportunity from outsourcing

There are many sources of income from internet, one of them is outsourcing. Today, I want to talk about the opportunity to make income from outsourcing. Income from outsourcing is very big, even can reach thousands dollar per months. This is the unique of outsourcing because we do not play a role as blogger but as a freelancer. Well, what is actually the meaning of outsourcing?

Outsourcing is the way to delegate a job to the third party. Outsourcing is known also as sub-contracting job. Why outsourcing? Exactly, outsourcing is an effort to minimize cost by avoiding building own infrastructures or systems. Benefit of outsourcing is effectiveness, low cost, and good innovation.

What type of business can be outsourced?
a. EBay styles auction and sales sites.
b. Information portals and market research sites.
c. Almost many kinds of website.
d. Blogs.
e. Newsletters.
f. Software developments.
g. Gaming systems.

Actually there are 2 outsourcing website that is very famous such as www.elance.com and www.guru.com. Elance commonly serve middle until large business, Enlace also have 150,000 vendors and located at California. Guru focused at small business, and has 500,000 vendors. Guru is located at Pittsburgh.

There is also a site like www.rentcoder.com that about programming website and have 100,000 resources specialized at IT. Rent-a-coder located at Texas. Well, if you often hear about www.getfreelancer.com , this site also an outsourcing site that located at Sweden. On the other hand, outsourcing site www.sologig.com where the place to outsource for graphics designer.

An example of outsourcing job: if you have already registered to getfreelancer, you can view many projects like here:

Job type: data entry, data processing, excel
Budget: $250-$750

Then freelancer can bid for this project in the range of budget allocated by buyers. Here, I also registered as a freelancer at getfreelancer. You can withdraw your earning by getfreelancer debit card, but I read also that we can withdraw via PayPal, e-gold, wired transfer, check, moneybookers, and western union. I often saw an easy jobs like data processing, excel, graphics design, banner design, and the others are about programming jobs such as PHP, Ajax, Joomla, Pearl, etc. This maybe needs your expertise in programming. I am sure many people have earned good steady income from outsourcing.

Ok, Thanks for your attention.

Regards.

Komentar

  1. thank infonya, ijin intip dulu :)

    BalasHapus
  2. @Mas Tony : thanks utk kunjungannya yang sepagi ini ni mas..thx bgt..

    BalasHapus
  3. thanks atas infonya

    english :

    thanks for your info

    BalasHapus
  4. Wah kayaknya menarik, tapi butuh keahlian khusus ya..

    BalasHapus
  5. wah... enak tuh... dulu gw pernah coba2... cuma keburu email gw didisabled kmarin2.. he..he... inpo yang maknyus om... siip

    BalasHapus
  6. jd pengen nyoba....lumayan kn menambah income....sambil mengasah skill....

    BalasHapus
  7. @Iksan : Thank juga bro..

    @Duit gratisan : tp ada juga mas yang gampang aja ky data entry, design grafis, excel, coba aja jalan2 kesana..

    @Masenchipz :kalo gt sharing2 juga ttg ini yah..

    @Boncuman :iya mas..

    BalasHapus
  8. Menarik juga, terima kasih atas infonya....

    BalasHapus
  9. @Peluang : thanks jga..

    BalasHapus
  10. Temen Indonesia sudah ada yang dapet $1000-an dari elance hanya mengerjakan presentasi dari powerpoint

    BalasHapus
  11. Infonya bagus b9t,,tp ada yg lebih gampang lg ga,,soalnya saya blm paham yang gituan,, Mampir ya ke blog saya ,.

    BalasHapus
  12. @Kanoko: thanks mas infonya bagus sekali..

    @Bams:ya plg gampang kynya per per click aja mas ..ok sy nanti berkunjung yah..

    BalasHapus
  13. wahh mantap infonya nih, tapi GetFreelancer juga ada program affiliasinya, cmn aq mash blm paham tentang cara kerjanya. BTW trims

    BalasHapus
  14. Hi There,
    Masih jarang info tentang Netsourcing di page Indonesia. Ini cukup menarik untuk di coba!

    http://ardialisa.blogstudent.mb.ipb.ac.id/

    BalasHapus
  15. ok..thanks udh comment yah..:)

    BalasHapus
  16. info yg menarik.
    terima kasih.

    BalasHapus
  17. thanks jg..:)

    BalasHapus
  18. Kepada penulis saya sampaikan terima kasih. Tulisan mengenai keberadaan outsourcing sistem informasi tersebut cukup menarik dan memberikan banyak gambaran tentang solusi perusahaan terhadap masalah sistem informasinya.

    BalasHapus
  19. Makasih banyak.. outsourcing memang sangat menarik untuk digali..

    BalasHapus
  20. ok thanks..:)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer