Pencarian

Custom Search

Pelatihan linux, jaringan, HTML, PHP & MySQL


Maaf rekan-rekan belum sempat update blog ini lagi dengan tulisan-tulisan barunya karena kesibukan yang cukup menyita waktu. Kebetulan minggu ini saya sedang mendapatkan pelatihan linux, jaringan, webmastering, PHP, MySQL, dan html. Walaupun pelatihan ini cukup singkat namun saya merasakan manfaat yang besar dari pelatihan ini. Karena sebelumnya ilmu-ilmu ini saya pelajari secara otodidak dan tidak memiliki modul-modulnya, kesempatan sekarang untuk belajar ke ahlinya secara langsung berikut juga modul-modul tentang pelatihan ini.

Sebenarnya kalau mengenai linux saya sudah lama mengenalnya karena server dikantorpun menggunakan linux. Setiap kali internet ngga jalan saya harus mengecek problem di server. Ya kalau masih bisa saya betulkan, mungkin saya betulkan sendiri. Kalau berat seperti antena microwave terkena petir ya apa boleh buat saya harus mengembalikan ke teknisi ISP dari Indonet, karena ISP yang dipakai disini adalah Indonet.

Sepertinya untuk sekarang ini mempelajari Linux bisa dibilang semakin penting. Sebagai sebuah open source saat ini linux makin banyak dipakai di jaringan, bahkan untuk internet banyak sekali dipakai karena menurut beberapa sumber memakai linux untuk jaringan lebih cepat dan lebih aman. Banyak pilihan yang bisa kita pakai untuk linux ini rekan, seperti Suse linux, Mandraxe Linux, Debian, Red Hat, dll.

Menurut saya memang untuk rekan-rekan disini yang senang nge-Blog ada baiknya kita terus menambah keahlian kita tentang internet. Tidak ada salahnya juga kalau ada pelatihan-pelatihan yang menarik kita mengikutinya. Karena kita ngeblog sekeliling kita adalah lingkungan internet, setidaknya kita mengetahui ilmunya menjelajah di internet.

Setiap hari kita ngeblog mungkin selalu menghadapi bahasa-bahasa XML yang berbeda dengan bahasa HTML biasa. Sayapun waktu pertama kali mengedit HTML di blogger ternyata menemui kesulitan karena saya pikir HTML dan XML sama saja. Ketika saya paste hasil rancangan HTML saya di blogger ternyata kodenya kacau semua. Sebelumnya saya juga sering membuat situs di hosting gratisan seperti di www.prohosting.com yang diuploadnya dengan FTP memang kodenya HTML sehingga bila kita buat rancangan kita di Marcomedia Dreamweaver pasti akan langsung pas. Berbeda dengan XML diblogger karena dari tag-tag nya pun sudah berbeda. Walau demikian untuk ide-ide rancangan baru blogger kita ada baiknya kita rancang desainnya terlebih dahulu di Marcomedia Dreamweaver.

Ok rekan, mungkin saya coba teruskan dulu latihan saya. Kebetulan saya bisa mengisi blog saya ini dengan mengakses Hotspot di tempat latihan yang kecepatannya memang cukup cepat juga yaitu 54 MBps. Besok sampai hari minggu kebetulan akan mengunjungi rumah orang tua istri kayanya harus off dulu dari internet. Mungkin segini dulu aja rekan.

Wassalam.

Komentar

  1. setuju tuh Boz...kita harus terus nambah ilumukita tentang internet and per blokan.......

    BalasHapus
  2. wah harus perdalam linux nih, sekalipun aku belum pernah kenalan sama linux mas..susah ga ya??

    BalasHapus
  3. bos...jangan lupa oleh olehnya ya...

    BalasHapus
  4. Mas, baru bulan ini aku belajar linux ubuntu 8.04. Dulu pernah pakai Mandriva 2007. Karena masih coba-coba, kalau pas error ya hanya melongo..

    BalasHapus
  5. Re Mas Edi:
    Siap mas..makasih utk commentnya ya..

    Re Mas Toni:
    Linux hampir sama dengan windows mas..kalau ada GUI nya tinggal klak klik aja..kecuali kalau ga ada GUI nya harus tau command2nya seperti di MSDOS prompt.

    Re Mas Ik :
    Siap mas..

    Re Mas DG :
    Ya sama mas saya juga kalau ada error ya melongo jg..tp ga lama2 ..ya samalah msh belajar..hehe..

    BalasHapus
  6. hwek... bisa langsung dshare donk ilmunya om...

    BalasHapus
  7. ya nanti coba sy sharing mas..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer