Pencarian

Custom Search

Tentang Custom Domain di Blogger


Rekan-rekan, sebelum saya mengcustom domain blog ini, ada rasa-rasa khawatir mengalami berbagai masalah sebagaimana beberapa teman blogger saya yang setelah custom domain blognya tidak bisa diakses sampai 2 hari bahkan ada yang berminggu-minggu. Oleh karena itu, awalnya saya hampir tidak merencanakan mengcustom domain blog ini. Tapi karena karena ingin mencoba lebih profesional dalam pengelolaan blog ini maka saya memberanikan untuk mencustom domain blog ini dengan domain pilihan saya.

Proses custom domain ini memakan waktu hanya kira-kira 2 jam saja. Setelah domain parking ke server google kita bisa menswitch domain ini ke blog-blog kita. Sebelumnya saya juga mempelajari beberapa postingan teman-teman tentang custom domain ini, berbagai rekomendasi untuk tempat domain parking. Sesuai dengan rekomendasi tempat parking dari google yaitu :
- GoDaddy.com
- ix web hosting
- 1and1
- EveryDNS.net
- Yahoo!SmallBusiness
- No-IP
- DNS Park
- Other hosting services
Rekan-rekan dapat membaca berbagai rekomendasi tempat parking dari postingan teman-teman yang telah berhasil mengcustom domain blog nya baik blog Indonesia atau blog internasional. Rekan-rekan dapat melakukan pencarian di search engine dengan keyword "custom domain","blogger custom domain", "custom domain in godaddy.com" , "custom domain in yahoo!smallbusiness", dan keyword-keyword lainnya. Adapun untuk petunjuk asli dari googlenya tentang custom domain dapat dilihat blogger custom domain, untuk petunjuk custom domain setting DNS server nya dapat dilihat di blogger DNS setting.


Tempat pembelian domain saya di jagoanhosting.com atas rekomendasi seorang teman, sedangkan tempat domain parking saya memilih di dnspark.net karena banyak blogger Indonesia yang merekomendasikan tempat ini untuk domain parking.

Sebelum membeli domain di jagoanhosting.com saya dibimbing oleh seorang CS dari jagoanhosting.com yaitu Lola sehingga proses dan tahap-tahap yang harus dilalui dapat dipahami dengan baik. Setelah itu saya membuat setoran tunai ke Bank Niaga seharga Rp.85.000,-. Hari itu juga domain langsung diregistrasi dan saya kemudian mendapatkan email yang memberitahukan bahwa domain sudah bisa di manage.

SETTING DI WWW.JAGOANHOSTING.COM

Keesokan hari saya mulai setting, konfigurasi pertama di domain manage yaitu merubah server yang digunakan yang tadinya menggunakan server jagoan domain diarahkan ke server dnspark.net

ns1.dnspark.net
ns2.dnspark.net
ns3.dnspark.net
ns4.dnspark.net
ns5.dnspark.net

















SETTING DI WWW.DNSPARK.NET

Lalu setelah benar-benar server diarahkan ke server dnspark.net selanjutnya saya login ke www.dnspark.net, sebelumnya saya juga telah membuat account di www.dnspark.net. Setelah itu saya memilih menu add domain, centang juga DNS hosting - free. Disini kita bisa mendapatkan 2 free services DNS hosting. Lalu masukkan nama domain kita, tanpa www. Setelah itu domain saya sudah bisa masuk ke list domain hosting.























Setelah itu, kita klik domain yang sudah masuk disini www.yusaindera.com, tinggal mengarahkan domain ini ke server google dengan cara menambah Cname. Masukkan alias name yaitu www.yusaindera.com dan masukkan juga destination yaitu "ghs.google.com". Disini kita berarti telah mengarahkan domain www.yusaindera.com yang telah parking ke server dnspark.net sehingga dapat parking ke server google yaitu ghs.google.com.












Sehingga bila telah selesai parking DNS di dnspark.net maka akan seperti ini tampilan nya.















SETTING DI BLOGGER

Setelah itu, berarti www.yusaindera.com telah parking ke server google. Sekarang saya mengarahkan blog saya ngumpulindolar.blogspot.com ke domain www.yusaindera.com. Masuk ke menu publish lalu klik swith to advanced setting dan isikan nama domain anda misalkan www.yusaindera.com seperti dibawah.


















Dalam pengalaman saya setelah tahap ini blog saya langsung parking dalam waktu itu juga.

Namun menurut google sendiri bisa jadi parking akan lebih lama sekitar 2x24 jam atau bahkan lebih. Demikian mungkin cerita domain hosting di blog saya ini. Mudah-mudahan postingannya dapat bermanfaat.

Rekan-rekan bisa coba di MSDos command dengan ping domain rekan disini saya ping www.yusaindera.com dan sudah reply dari ghs.google.com artinya domain saya sudah parking ke server google.




























Wassalam.

Komentar

  1. aku baru agak ngerti cara custom domain nih bro setelah baca2 stepnya ini :)
    kalo berminat beli domain dot info murah di name.com hanya $2,99/tahun bro..tempat lain aku liat harganya $6,99

    BalasHapus
  2. OK, nanti aku ganti link-nya, tapi klo udah di rumah ya, di ktr rada ribet

    BalasHapus
  3. puyeng q setelah baca artikel ini ke ke ke. uda biasa pake yang gratisan sich.

    BalasHapus
  4. Re Mas Toni :
    Makasih juga untuk infonya mas..ya mudah2an postingannya dapat membantu..

    Re Mba Eucalyptus :
    Thanks bgt Mba..sukses selalu ya..

    Re Mas Iksan :
    Ok..mas ya dulu jg waktu sy tau pertama tentang custom domain agak puyeng juga..tapi pas lama2 jadi biasa aja..thanks utk commentnya..

    BalasHapus
  5. hayoooooo daku kok lom di kabari kalo dah pindah alamat baru...ugh!

    BalasHapus
  6. Maaf Mba Kris agak telat nih..blm sampai ke blognya Mba Kris nih..lagi dikunjungi satu per satu rumahnya.. sesuai absen yang ada di link hehe..

    Kalau gt sekalian minta tolong donk diganti linknya dari ngumpulindolar.blogspot.com menjadi www.yusaindera.com ..

    Sukses selalu Mba Kris..

    BalasHapus
  7. selamat bang Indra.. saya hingga sekarang belum juga berhasil, saya dapat kesulitan domain manage di rumahweb.com

    lain kali saya mau coba di jagoan hosting saja biar lebih mudah..

    BalasHapus
  8. Makasih utk commentnya Mas Hendrawan..

    Ya saya hanya menceritakan pengalaman custom domain sy aja..siapa tau dapat membantu kalau ada yang membutuhkan..

    BalasHapus
  9. mampir
    ngisi komen di domain baru ^_^
    infonya menarik

    BalasHapus
  10. wah....gak dari kemarin2 mas kasih tipsnya....kemarin saya juga kerepotan buat custom domian..tapi untungnya bisa sukses juga,.....

    BalasHapus
  11. yupz..thanks mas..siaplah ..sukses terus..

    BalasHapus
  12. mau tanya nih... klo dari jagoanhosting langsung ga perlu d dns park emang ga bisa?

    BalasHapus
  13. saya kebetulan belum nyoba nih mas..sepertinya bisa cuma kl ga salah di charge biaya lagi utk domain parkingnya.. sy jg ini hanya utk domain pertama saya di jagoan hosting..

    selanjutnya saya lebih memilih di godaddy karena lebih enak dan tanpa pakai DNS park lagi..

    BalasHapus
  14. Makasih ya kak udah sharing, Tia juga punya satu kustom domain, tapi nga tau cara bikinnya coz pas dikasih udah jadi, tinggal pake ajah..

    Abis baca postingan kakak ini, Tia jadi paham caranya :)

    BalasHapus
  15. thanks udh comment jg De Cyntia, memang custom domain pertama kali biasanya bikin blogger/webmaster khawatir tidak berhasil,

    beginilah memang tahap2nya..mudah2an msh bisa bermanfaat postingan ini krn sebenernya ini postingan udh lama bgt..waktu coba2 custom domain pertama kali.. thanks..

    BalasHapus
  16. Thanks for the great info. Very Useful information. :-) Looking forward to more reads

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer