Pencarian

Custom Search

Perbedaan CHAP dan PAP

Seringkali ketika kita melakukan setting koneksi ponsel ke internet menemukan istilah yang kurang dimengerti seperti CHAP dan PAP. Sebenarnya apakah CHAP dan CHAP ini?

Istilah ini adalah jenis otentifikasi yang berperan ketika ponsel kita terkoneksi ke jaringan internet. Otentifikasi ini diperlukan dan berperan penting dalam koneksi Point-to-Point (PPP) ketika verifikasi identitas pengguna diperlukan. PAP atau Password Authentication Procotol dan CHAP atau Challenge Handshake Authentication Protocol (CHAP) adalah jenis protokol PPP untuk otentifikasi pengguna.

Apa perbedaan kedua jenis otentifikasi ini?  


a. Password Authentication Protocol (PAP), yaitu sebuah prosedur untuk otentifikasi dengan dua langkah yaitu
  • User yang akan mengakses sistem dan mengirimkan otentifikasi identitas, biasanya berupa user dan password.
  • Kemudian sistem akan mengecek validitas identifikasi dan password dengan cara menerima atau menolak koneksi.
b. Challenge Handshake Authentication (CHAP). adalah protokol otentifikasi three-way-handshaking (otentifikasi jabat tangan tiga kali). Otentifikasi dengan cara jabat tangan tiga kali atau three way handshaking merupakan teknik otentifikasi umum dalam jaringan internet yang teknik security jaringannya lebih tinggi dari otentifikasi biasa. Selain itu metode CHAP akan menyimpan password secara aman dan tidak pernah dikirimkan secara online.

Untuk penggunaannya di internet, tentunya kita sesuaikan saja dengan kebutuhan bila ingin lebih aman ya menggunakan protokol CHAP namun bila dirasa cukup juga dapat menggunakan teknik otentifikasi PAP saja.

Komentar

  1. thank infona.. itu berarti soal aman dan lebih aman, awalnya saya berpikir soal cepat atau lampau

    BalasHapus
  2. ya benar..soal cepat atau lambat tergantung koneksi internetnya.. thanks utk commentnnya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mengatasi sinyal internet hilng?

      Hapus
  3. Sinyal melemah bisa diakibatkan berbagai hal seperti lokasi terlalu jauh dari sumber sinyal, adanya barrier atau tembok yang menghalangi,terlalu bnyk perangkat wifi yg memakai sinyal yg sama, atau terlalu bnyk perangkat hotspot tethering yg menggunakan channel sinyal yg sama...bnyk kemungkinan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer