Pencarian

Custom Search

Track link affiliate

Track link affiliate sebenarnya adalah cara sangat sederhana yang biasa dipakai para affiliate untuk mengetahui berapa banyak click dilink tersebut, selain sebagai track link affiliate biasa juga affiliate menggunakannya sebagai url redirect atau cloak link. Url redirect memang sebuah tool yang cukup berguna bagi para affiliate. Secara sederhananya biasanya url redirect menutupi link lama menjadi link baru sehingga lebih singkat dan friendly. Adapula beberapa diantaranya url redirect yang dilengkapi juga dengan alat untuk men-track visitor dari jumlah hits atau pun ip addressnya. Url redirect ini juga banyak dipakai di twitter, dan hampir setiap link yang saya lihat merupakan sebuah url redirect. Entah kenapa? saya sendiri juga tidak tahu hampir semua pemakai twitter memakai url redirect.

Memang kalau saya analisis url redirect di twitter tersebut banyak sekali yang membawa iklan, yang berarti adalah salah satu jenis monetisasi twitter juga. Sebagai contoh, www.tweetdeck.com, yaitu sebuah software mengenai twitter juga menyediakan 13 url redirect seperti bit.ly, budURL, eweri, hex.io, idek.net dan lain-lain. Begitu juga seperti www.adjix.com yang juga url redirectnya membawa iklan.

Dari salah satu url redirect ini yang saya liat mempunyai kemampuan tracking adalah www.hotshorturl.com. Bedanya hotshorturl.com ini bisa menghitung berapa banyak click yang diterima oleh link tersebut dan juga ip address orang yang mengclick. Memang saya juga sejak lama sering menggunakan hotshorturl.com. Contoh url redirect :

http://traffichoopla.com/cgi-bin/ref.cgi/22626/

dijadikan url redirect dengan hotshorturl menjadi :

http://hotshorturl.com/du31

dari link ini kita bisa mengetahui berapa jumlah click terhadap link ini yaitu setelah di cek sekitar 180 click. Begitupula kita bisa mengecek dari ip address mana saja click berasal.

Memang cukup sederhana saja model url redirect ini, dan namun penting juga untuk dijelaskan. Ok, sekian dulu posting kali ini wassalam.

Komentar

  1. wah saya baru tau mas kalau bisa digituin.. btw, ini sama kaya tinyurl ya? keep posting mas..

    BalasHapus
  2. sangat teliti banget mas sampeyan...

    BalasHapus
  3. @Benny:iya hampir sm mas Ben, cm ada sistem trackingnya..:)

    @Suryaden:ya utk tracking aja kan mas..hehe..:)

    BalasHapus
  4. salam kenal mas...
    nice posting......

    BalasHapus
  5. Thanks..sama-sama mas..

    BalasHapus
  6. good...salam kenal..saya sudah bookmark web anda....wassalam

    BalasHapus
  7. salam...saya orang baru dalam blogging n bisnis online...saya tidak paham dengan rangking alexa atau page rank sebelumnya..... setelah saya browsing sana sini baru sy mengerti sedikit.. blog yang saya buat telah saya telantartan bertahun-tahun dengan satu postingan dan baru saya isi dengan aktif bulan ini dan tidak pernah saya daftarkan ke direktori manapun.... 2 hari yang lalu saya pasang script page rank dan alexa dan saya kaget bukan main... ketika saya liat rangkin alexa blogku 8 (sama dengan blogger) dan jumlah link 400 ribuan.... tetapi di page rank 0 dan ALR-nya 107.815.... mohon penjelasannya master bisnis online...hehehheheh... liat saja di blogku kalau anda tidak percaya...wassalam

    BalasHapus
  8. @Asnawi Rizal:
    Makasih mas atas pertanyaannya, jadi kalau saya liat di blog mas ketika berkunjung kesana, peringkat alexa ke 8 tsb punya rank alexa blogger mas, termasuk juga backlinknya karena kt buat di subdomain blogspot

    Untuk mendapatkan rank asli blog kita, kt hrs submit blog kita coba ke http://www.dmoz.org/add.html atau lewat alexa.com jg bisa.. coba cek dl lewat kategori http://www.alexa.com/topsites/category/Top/Business nanti tinggal submit site ... :)

    Lama-lama blog kita akan dpt rank asli mas..kita tunggu aja sekitar bbrp bulan..ok2..:D

    BalasHapus
  9. wow...bisa juga ya seperti itu, casual cutie baru tau. harus belajar dulu. makasi infonya mas yusa..

    BalasHapus
  10. Thanks mba cutie..:)

    BalasHapus
  11. selamat berakhir pekan ya mas yusa...

    BalasHapus
  12. wah kayanya kedua blog mas yusa, lagi laris manis nich order linknya..! dasar kalo emang rizky gak kemana?

    blog saya tiga2nya sepi2 aja, cuma reviewnya yang meningkat, tapi khusus buat blog bisnis gratisan ini sudah gak terima order review, atut.. soalnya pengen naikin pageranknya dulu buat nopang blog lainnya. keke...

    BalasHapus
  13. @Casual Cutie:sama2 mba..:D

    @Benny: iya mas Ben.. sy juga sama nih..ada satu blog jg yg udh ga bs dipake repiu..iya mdh2an bisalah hehe..:D

    BalasHapus
  14. If you use wordpress you can also use the Pretty Links wordpress plugin to track your links and you can use your own domain instead of using some other url shortening domain.

    BalasHapus
  15. There are lots of things you can do to track your links. Lots of new services to shorten things...

    BalasHapus
  16. ok thanks..:)

    BalasHapus
  17. In order to succeed in IM tracking is essential. Thanks for the info!

    BalasHapus
  18. Great post!! I really liked to read this because I am a lover of these technology

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer