Pencarian

Custom Search

Ogzur Alaz: 10 hal yang biasanya yang membuat seseorang menjadi top digg user

Semakin sering saya membaca posting-posting yang masuk ke digg top front page, dari jumlah-jumlah digg yang didapatkan memang cukup incredible, seperti postingan pada screenshot disamping yang memperoleh sejumlah 965 digg dari sebuah blog www.readwriteweb.com yang berjudul tentang “Twitter May Have Found Its Business Model”. Jelas saja mendapat jumlah digg yang sangat banyak sekali karena memanfaatkan jaringan di twitter juga. Seorang teman saya di twitter yaitu Zaibatsu juga adalah seorang top digg user, namun sayang Zaibatsu ini saya dengar baru-baru ini juga terkena ban dari digg. Kebetulan saya tahu karena saat itu Zaibatsu membuat tweet perihal tentang dibannya dia dari digg. Ya karena menariknya tentang digg ini saya malah semakin menemukan postingan-postingan lain tentang digg. Salahsatunya yang menarik adalah postingan dari Ogzur Alaz, orang Turki yang mempunyai blog di http://marketallica.wordpress.com/ . Dia menulis postingan tentang “Top 10 Actionable Tips (Rules) That Make Me Top Digg User”. Ya tentu saja saya pengen tahu juga karena katanya dia berada di nomer 73 top digg user.

Kata Ogzur Alaz ada 10 hal yang membuatnya menjadi 100 top digg user yaitu :

1. Kenali berita-berita yang bisa menjadi top stories. Contoh berita tentang : how to, tutorial, berita tentang digg, google atau apple.

2. Untuk mensubmit top stories, anda harus mengetahui berita apa yang populer sekarang. Salah satu alat untuk mencari top stories adalah di http://del.icio.us/popular/ dan www.reddit.com . Berita-berita yang sudah banyak dibookmark banyak orang di situs ini biasanya menjadi top stories di digg.

3. Berita tersebut biasanya memiliki judul headline yang menarik.

4. Tambahkan sentuhan tulisan manusia ke stories/berita tersebut karena digg menyukai tulisan-tulisan yang manusiawi bukan tulisan sebuah robot. Katanya dianjurkan untuk mempelajari berita-berita yang banyak di bookmark di link ini http://del.icio.us/url/.

5. Bila berita tersebut diambil dari sebuah blog dianjurkan untuk memberi comment tersebut, dan meminta teman-teman lain untuk memberi dukungan jumlah digg ke berita tersebut.

6. Jumlah komentar awal-awal di berita tersebut penting agar bisa mengangkat berita tersebut masuk ke front page.

7. Memahami Timing, artinya ada waktu-waktu tertentu orang-orang bisa men-digg berita. Sebuah situs yaitu http://diggtrends.com/stats.aspx?entry=2 membuat sebuah penelitian tentang kapan waktu-waktu orang biasa membuat digg.

8. Memperbanyak teman di digg, digg sebenarnya tidak rasional 100% malah biasanya user di digg membuat digg terhadap postingan temannya.

9. Men-digg berita teman, biasanya kalau kita men-digg berita teman seperti reaksi di internet pada umumnya maka teman tersebut akan men-digg balik. Reaksi reciprocal seperti halnya saling berkomentar di blog atau bertukar link di blog.

10. Terakhir nikmatilah sebagai user di digg, menjadi bagian dari world best of community.

Tulisan Ogzur Alaz ini aslinya dapat dilihat di http://marketallica.wordpress.com/2006/08/06/top-10-actionable-tips-rules-that-make-me-top-digg-user/ , berdasarkan berita terakhir dari teman-teman di twitter sepertinya situs digg ini makin lemah saat ini. Bahkan katanya masih lebih baik situs reddit daripada digg. Disini saya hanya memaparkan tips seorang top user di digg, yang saya translate dari blognya. Ketika saya baca sepertinya tips-tips ini memang alamiah sekali bukan sesuatu hal yang aneh. Begitupula motivasi Ogzur Alaz untuk menjadi top digg user tidak saya ketahui disini apakah hanya sekedar untuk hobby, untuk mengisi waktu luang atau motivasi lainnya saya tidak ketahui. Saya hanya memaparkan ini sebagai sumber informasi saja, demikian postingan kali ini. Wassalam.

Komentar

  1. menarik sekali ya trik nya Ogzur Alaz, pandemen sekali dia itu, kalo saya ngedigg atau reddit biasanya kalo memang saya tertarik sekali sih, lom pernah punya ide hebat seperti itu...

    info yang sangat menambah kasanah saya, trims.

    BalasHapus
  2. digg....aku uda submit ratusan kali kok ga prnh jadi top user ya..?

    BalasHapus
  3. aq ikutan nge-twitt ae ah....

    BalasHapus
  4. @Ixanova:ya sebenarnya kan bukan soal submitnya..

    @Bec_mechanical:yupz..thx..

    BalasHapus
  5. Wach pencerahannya tentang digg sangat lengap dan mendetail...sangat bermamfaat bagi saya masih awam tentang digg
    Thanks banget Kang Yusa

    BalasHapus
  6. Sama2 yah..thanks juga..

    BalasHapus
  7. wah katanya kak rohman kita harus mendaftar ke feedburner yah, n katanya batasnya ampe taggal 28 februari n kalau kagak blog kita akan kena masalah.......

    BalasHapus
  8. digg merupakan salah satu direktori boorkmark favoritku loch mas.. :)

    BalasHapus
  9. @Katobengke: apa bener mas, blm smpt jln2 ke blog Kang Rohman lg nih..coba sy cek nanti ah..

    @Benny:sm kl gt, favorit sy juga..

    BalasHapus
  10. Thanks infona :D
    Jadi lebih tau tentang SEO :)

    Mohn bantuannya yach Mas :D

    BalasHapus
  11. Boleh mas..sama2 yah...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer