Pencarian

Custom Search

Interview dengan top digg user

Seperti biasa ketika saya surfing-surfing di internet tidak sengaja saya menemukan sebuah artikel yang sangat menarik yaitu wawancara dengan top digg user. Wawancara ini dibuat oleh Mr.Khalid kepada seorang top digg user. Setelah saya baca interview ini saya jadi mengetahui bahwa top user di digg mempunyai pengaruh kuat mempengaruhi posisi sebuah website untuk menduduki posisi teratas di digg board. Digg ini seperti yang kita ketahui adalah salah satu social bookmark yang banyak dipakai kebanyakan oleh situs english, situsnya di www.digg.com. Saya juga sebenarnya memasang digg di blog ini dengan pemikiran barangkali ada yang mendigg posting saya. Namun, cukup kaget juga membaca wawancara ini karena ternyata ada top-top user yang mempengaruhi posisi berita di situs digg. Kalau teman-teman ingin membaca langsung wawancara tersebut bisa mengklik pada link ini. Tentunya disini kita secara objective saja menilai wawancara ini sisi baik dan buruknya.

Dibawah ini saya coba terjemahkan wawancara tersebut ke bahasa Indonesia, bisa dilihat dibawah ini:

Mr.Khalid : Kapan anda ikutan dengan digg?

TDU (Top Digg User) : Saya ikut dengan digg sejak awal 2006.

Mr.Khalid : Dengan maksud apa anda ikutan dengan digg?

TDU : Konsep pertama adalah untuk mempromosikan sebuah website di digg. Anda akan melihat artikel yang masuk ke digg karena dibantu oleh komunitas digg maka situs tersebut berada pada urutan teratas. Itu adalah alasan pertama saya ikut dengan digg. Digg menjadi sebuah permainan kompetisi kekuatan. Pada sisi ini, saya ikut dengan digg karena sebuah obsesi. Dan itu bukan hanya saya. Kebanyakan orang menggunakan digg adalah berkompetisi menjadi top user. Ini menjadi sebuah permainan yang dimainkan banyak orang untuk menjadi top user.

Mr.Khalid : Sebelum kita lanjutkan interviewnya, bentuk sukses apa yang anda peroleh dengan digg?

TDU: Saya memiliki ratio popularitas 38%. Tapi karena adanya perubahan algoritma sehingga ratio popularitas saya hanya 34%. Saya tetap berpikir bahwa sebuah sukses tetap tidak memungkinkan mendorong sebuah site menduduki posisi teratas. Ada waktu dimana hampir 300 digg user tidak dapat mendorong sebuah front page ke posisi teratas.

Mr.Khalid : Jadi, sebagai seorang aktif digger dan powerful user, servis apa yang bisa anda berikan?

TDU : Itu pertanyaan yang sulit. Sedikit fakta bahwa hampir sebagian besar top user digg memberikan servis social media promotion. Itu adalah easy money. Ketika anda mencapai jumlah orang yang memfollow di digg dan anda mulai dikenal oleh komunitas itu bukan hal sulit untuk memperoleh sejumlah digg. Ini menyebabkan keuntungan user digg untuk memperoleh promosi, memberi digg kepada sebuah website dan traffic sekitar 20,000 to 100,000 plus kepada satu artikel. Saya bekerja untuk banyak blog yang populer dan saya tahu sebagian besar yang dilakukan oleh top user. Sejauh yang saya tahu saya terlibat dengan tiga blog yang secara reguler membantu social media promotion, khususnya di digg. Catatan, status saya dan reach di komunitas menyebabkan saya dapat membantu bisnis untuk mempromosikannya.

Mr. Khalid : Berapa anda memasang harga untuk servis ini?

TDU : Ada beberapa cara saya memberikan servis ini. Bila seseorang ingin mensubmit sebuah artikel tanpa promosi, saya memasang harga $300-$500 tergantung kepada kualitas artikel. Submisi dari saya dengan cepat berkembang sehingga tidak memerlukan promosi lagi. Untuk submisi dan promosi saya memasang harga $700 tergantung artikelnya bagus atau tidak. Seperti yang anda tahu posisi front page tidak pernah ada garansinya. Harga ini belum dengan harga ada bisa mencapai di front page, bila ingin berada di front page di charge lagi $500.

Mr.Khalid: Akhir 2007, digg merubah algorithmanya. Bagaimana pengaruhnya terhadap submission?

TDU : Saya sudah mengetahui isu ini. Secara personal saya pikir lucu bahwa anda perlu 300 diggs membuatnya diposisis front page. Rate popularitas saya telah jauh menurun tapi reach saya dalam komunitas telah berkembang. Seperti yang saya katakan, ini adalah race for power, race to be on the top. Ini salah satu alasan kenapa anda melihat banyak power user mensubmit 10-15 submissions tiap hari. Makin besar mensubmit makin banyak kemungkinan mencapai front page.

Mr.Khalid: Dapatkah anda membagi keuntungan apa yang diperoleh sebagai top digg user ?

TDU : Salah satu keuntungannya jelas dikenal di komunitas. Yang lainnya tentunya dapat menghasilkan uang dari digg ini, tentu saya memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk mencapai status di digg seperti sekarang ini.

Mr.Khalid : Bagaimana seorang top digg user begitu punya banyak vote kepada banyak stories, padahal dapat saja di reject oleh the shout function?

TDU: Apakah di real world atau di virtual word, yang paling baik adalah dengan mengetahui siapa movers dan shakers. Sebagian top user reciprocate diggs dan mengamati submisi lainnya. Ini sangat mudah bahwa mereka tidak membuat shout atau permintaan untuk diggnya.

Mr.Khalid : Rahasia apa yang dapat anda bagi dengan kita tentang top digg users?

TDU: Saya semakin yakin ini akan menyebabkan kontroversi dan saya tidak ingin membagi apa-apa disini. Bagaimanapun juga, ada rahasia yang tidak bisa dibagi oleh seorang power user. Kita membantu mempromosikan, kecil, dan besar.

Mr.Khalid: Apakah setiap top digg user memberikan servis ini?

TDU:Tidak semua! Hampir sebagian besar user tidak pernah memanfaatkan kesempatan ini. Sebagian menolak melakukannya dan sebagian lagi punya ide untuk mengkonversikan popularitas menjadi cash. Pendapat saya, bila sesuatu menghasilkan roti dan mentega tanpa melakukan banyak kerja orang akan suka.

Mr.Khalid:Apakah anda merasa telah bersalah kepada komunitas digg?

TDU:Ya, saya merasa bersalah tapi saya tidak cheat terhadap sistem, siapa yang tidak mau vote bebas. Tapi untuk saat ini saya tidak merasa bersalah. Apa yang dilakukan banyak orang, itu konten yang bagus dan tidak akan datang dengan sendirinya di digg.

Mr.Khalid :Apakah dapat seseorang yang tidak meluangkan banyak waktu di komunitas dapat membuat kontennya berada di halaman pertama?

TDU: Sewalah saya, kidding. Konten tetap utama tapi tanpa mencapai komunitas itu tidak akan terjadi. Lebih baik anda memberikan waktu anda, itulah yang kami lakukan. Saya setuju sebagian besar orang tidak punya waktu untuk membantu profil yang kuat, mulai membuat teman, IM, email, digging submisi user lain. Bila anda tidak bisa itu akan jelek, itu akan menjadi masalah dikala anda harus meluangkan waktu sejam tiap hari untuk mengikuti submisi dari seorang user.

Mr.Khalid : Dimana anda akan melihat digg 10 tahun dari sekarang ?

TDU : Sejujurnya, saya pikir digg akan berada 10 tahun dari sekarang tapi tidak akan seaktif dan sepengaruh itu di kancah social media. Banyak servis baru yang lebih berpengaruh. Tapi seperti yang anda ketahui, bila sudah lama berada di puncak akan lama juga keluar dari puncak. 10 tahun dari sekarang digg masih kuat tapi bisa jadi makin turun.

Mr.Khalid : Terakhir, banyak yang meragukan apakah anda seorang real user, apakah ini alasan anda untuk mau membuat interview ini kenapa anda tida memberikan nama dan profile ?

TDU : Boleh saya katakan karena anda membayar saya untuk interview ini. Kedua, kadang kita juga ingin membagi sesuatu dan membuat orang lain tahu apa yang terjadi dan bagaimana sistem bekerja. Tapi karena reach dan power user status saya tidak bisa memberikan informasi apa-apa. Salah satu alasan karena saya mempunyai reputasi dan interview ini bisa menghancurkan banyak kesempatan saya sehingga lebih baik saya katakan secara rahasia.
-------------------------------------------------------------

Yupz..begitu saja interview tentang top digg user ini mudah-mudahan hasil terjemahan saya dapat dimengerti. Sori kalau ada salah-salah kata menterjemahkannya. Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa mengunjungi situsnya Mr.Khalid di link yang saya buat di atas.

Ok sekian dulu postingan kali ini. Wassalam.

Komentar

  1. mas...sekarang jadi wartawan ya...
    hahahaha..siip nih laen kali aq mw wawancara ma BCL ...biar heboh

    BalasHapus
  2. postingan yang membuat saya terinspirasi lagi ini mas..

    mas.. boleh gak saya interview mas yusa?... ^^

    BalasHapus
  3. yah....ada rahasianya... :(

    BalasHapus
  4. waduh, mantap juga, $700+$500 per post? keren...
    kira2 saya bs gt ga ya... :D

    BalasHapus
  5. @Be Mechanical :ya coba2 menterjemahkan aja mas..siplah saya tunggu ya interview dgn BCL nya ..hehehe..:D ..

    @Adam: thanks bgt mas, waduh blh aja mas..tp interview gmn yah..hehe..:D

    @Iksan: ya pasti tidak akan diungkap semudah itu mas..

    @AiWY:ya kenapa tidak ..mungkin saja..

    BalasHapus
  6. wah keren..ternyata ada trik trik khusus ya mas. perlu dipelajari nih

    BalasHapus
  7. mantap.......semoga sy jg bisa

    BalasHapus
  8. @Casual Cutie:ya mungkin saja mba...cuma saya kurang mengetahui juga triknya..saya cuma memaparkan saja...

    @Inforesep: Thanks mba..

    BalasHapus
  9. mas yusa, PR nya sudah ku kerjain tuh. aku balas dendam, ada PR untuk mas dari aku. hehhehehehe....

    BalasHapus
  10. Postingan yang handal, bisa jadi pemikiran yang fres, salam kenal ya mas...

    BalasHapus
  11. @AiWY : Thanks mas..yupz nanti sy kerjain yah..

    @Eko: Thanks banget mas..n slm kenal juga..

    BalasHapus
  12. Dig emang diyakini dapat menaikkan PR secara alamai mas..boleh dicoba nie..

    BalasHapus
  13. Mantap infonya jadi malees juga ya (maksudnya?)
    btw maju terus pantang mundur mas

    BalasHapus
  14. Males gimana mas..hehe :D..thanks yah..

    BalasHapus
  15. ada bahasan gak cara masang digg script dibawah posting mas?

    BalasHapus
  16. Oya ada mas diposting saya disini http://www.yusaindera.com/2008/09/cara-memasang-digg-yang-tidak-membuat.html

    postingnya tentang cara memasang digg yg tidak berat

    BalasHapus
  17. Mas ini Kunjungan ramah-tamah
    diharapkan kunjungan balik yah ke situs saya
    di http://duitol.com

    BalasHapus
  18. Makasih utk kunjungan ramah tamah ini, saya kunjungan balik juga yupz..

    BalasHapus
  19. blog indonesia ada yang top 1 nggak ya di digg

    BalasHapus
  20. biasanya kalo di dig, situs2 berbahasa inggris mas..ya mungkin ada juga situs indonesia yang jd no 1 tp berbahasa inggris..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer