Pencarian

Custom Search

Flesch Reading Ease dan Flesch Kincaid Grade Level dari grammar English


Dalam membuat tulisan bahasa Inggris atau khususnya dalam mengerjakan pekerjaan repiu, banyak sekali broker-broker disini yang benar-benar mensyaratkan grammar English yang benar-benar prefect. Oleh karena itu tidak jarang beberapa broker dan advertiser yang sangat perhatian pada grammar ini seringkali mereject tulisan-tulisan english yang kita buat. Akhirnya kalau tulisan repiu kita direject oleh broker atau advertiser yang terjadi kita jadi stress. Beberapa kali awalnya saya juga mengalami penolakan ini biasanya yang sering mereject adalah bl0gsvertise dari brokernya, dan linkworth dari advertisernya. Ya mungkin ini dari pengalaman saya saja. Sebenarnya broker-broker lain juga sangat mungkin juga mereject tulisan repiu kita. Oleh karena itu disanalah perlunya software untuk mengecek tulisan repiu kita agar pengecekan tulisan English grammar kita tidak ada kesalahan seperti yang pernah saya buat tulisannya di posting saya terdahulu disini. Memang pada akhirnya tulisan repiu itu kembali kepada kemampuan English kita juga, disini saya hanya memaparkan cara pengecekan grammar English kita agar lebih otomatis, menghemat waktu dan prefect.

Nah selain itu bila kita mengecek dengan software yang sering saya pakai dan mudah didapat di mana-mana yaitu MSWord kita juga akan mendapatkan nilai Flesch Reading Easy dan Flesch Kincaid Grade level. Apakah sebetulnya Flesch Reading Easy dan Flesch Kincaid Grade Level ini?

Flesch Reading Ease

Adalah skor atau penilaian terhadap mudah atau tidaknya tulisan kita dibaca oleh orang. Ada klasfikasi untuk penilaian ini yaitu :


90-100 : Mudah dimengerti oleh rata-rata anak sekolah berumur 11 tahun.

60-70 : Mudah dimengerti oleh rata-rata anak sekolah berumur 13-15 tahun.

0-30 : Mudah dimengerti oleh lulusan perguruan tinggi.


Nah dengan melihat klasifikasi ini kita bisa mengukur semudah apakah tulisan kita dibaca orang. Contoh lain untuk majalah berbahasa inggris biasanya skornya 65, Time Magazine 52, Harvard Law 30. Semakin kecil nilai flesch reading easy artinya tulisan English kita tingkat kesulitannya tinggi. Ya untuk tulisan repiu berbau ilmiah cocoknya flesch reading easy nilainya kecil, namun untuk tulisan repiu dengan target pasar anak-anak dan remaja seperti game atau sport sebaiknya nilainya besar.

Flesch Kincaid Grade Level

Flesch Kincaid Grade Level adalah nilai dari tingkat penulisan sebuah buku atau artikel. Flesch Kincaid Grade Level dapat memudahkan orang untuk mengukur level tulisan dari sebuah buku atau artikel. Nilainya sesuai dengan tingkatan kelas atau grade school di US. Sebagai contoh nilai Kincaid grade level 8,1 artinya tingkatan tulisan untuk anak-anak kelas 8 di US atau kalau disini kelas 1 SMP berarti sekitar umur 13-14 tahunan. Jadi untuk tingkatan anak SMA kira-kira bernilai 10-12, dan untuk college berarti bernilai 12 ke atas. Flesch Kincaid dapat berarti pula mudah tidaknya tulisan dibaca pada tingkatan sekolah tersebut. Rata-rata kebanyakan tulisan berkisar antara 7-8 saja ya karena memang diperuntukkan agar dapat dibaca untuk segala kalangan.

Ya mungkin demikian saja pembahasan tentang English grammar untuk repiu kali ini. Mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk para penulis repiu agar tulisan grammarnya dapat semakin baik. Disini bukan berarti kita jadi berketergantungan pada software, namun kita juga harus sedikit demi sedikit mengasah kemampuan English dan grammar secara kontinyu. Ok, mungkin begitu saja n wassalam.
























Note:
untuk contoh diatas flesch kincaid reading easy 56,6 artinya mudah dimengerti anak-anak sekolah rata-rata umur 13-15 tahun dan flesch kincaid grade level 9,1 tingkat tulisan anak sekolah kelas 9 keatas atau anak SMA.

Komentar

  1. Wah mantap mas triknya. Kemarin aku juga mulai coba pakai word. Tapi posting ini nambah pengetahuan gue.

    BalasHapus
  2. Gramer ku hancur bgt. Berantakan. Thanks info ny. Bsk aq mulai coba post bhasa english.

    BalasHapus
  3. klo blogsvertise gak jelas alasan rejectnya....tp 30 % review yang dibuat pasti direject

    BalasHapus
  4. Postingannya sangat membantu..nih

    BalasHapus
  5. @Duit gratisan:Sip..sama2 mas..

    @AiWY: ya boleh dicoba mas..

    @Iksan:ya kadang memang suka ga jelas mas Ik blogvertise itu..ya ini hanya mengantisipasi rejection dr grammar aja..

    @Ches:yupz..thanks..sama2 mas..

    BalasHapus
  6. mantaps nh mas tambah ilmu lagi tentang repiu... "inggris ku berantakkan banget, main repiu modal nekat... tapi aneh pengalaman di bv saya selalu di terima padahal saya asal british aja...."..

    btw, soal linkworth saya masih bingung....

    BalasHapus
  7. oke nie pembahasannya, saya lagi mencoba mencaru dwt dari repiu

    BalasHapus
  8. @bloggembel:yupz..thanks sama2 mas..ya beruntung bgt blm pernah kena reject BV..ok2, ya linkworth tinggal dicoba2 saja mas sebenarnya..hehe..mungkin perlu diperdalam nih pembahasan tentang linkworthnya..

    @kapanpun: thanks bgt...selama mencoba ya..

    BalasHapus
  9. huph... aku udah daftar blogvertise... cuma dpt 2 job, bis itu ilaaaaaang... alias ndak ada job lagiii maksudnya apa yah itu??? ndak ngertiiii

    BalasHapus
  10. @Forum Komunitas International:thanks for info bro..

    @Hanna:ya memang akhir2 ini mungkin saking banyaknya yang ngejob di blogvertise jadi kerjaan sedikit, mgkn juga ada pengaruh dari krisis US itu mas..

    BalasHapus
  11. wah info yang sangat berguna, thanks...

    BalasHapus
  12. Thanks utk commentnya mas..

    BalasHapus
  13. wah tank's bro trus downloadnya di mana ya?

    http://www.belimbink.info/
    http://www.lebaymp3.com/
    http://www.lebaygames.info/
    http://www.theraveband.info/
    http://www.bestcheap-flight.info/
    http://www.lebaymp3.co.cc/
    http://www.lebaysoft.co.cc/
    http://www.lebaygames.co.cc/
    http://www.lebaytemplate.co.cc/
    http://ceritaku13.blogspot.com
    http://cordguitarz.blogspot.com/
    http://hotsnewstrends.blogspot.com

    BalasHapus
  14. Halo slm knl juga Yulfijar..

    BalasHapus
  15. O ya ini kan pake Software Microsoft Word 2007 aja.. tidak perlu download lagi kan..hehe..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer