Pencarian

Custom Search

Mungkinkah orang Indonesia membeli domain co.uk ?

Domain co.uk adalah domain yang khusus diperuntukkan untuk website komersial di United Kingdom atau Inggris. Pada beberapa waktu lalu pembelian domain co.uk dapat dilakukan oleh orang di luar negara Inggris atau internasional. Salah satu domain yang pernah saya miliki waktu itu (tahun 2010-an) adalah pdacellphone.co.uk. Domain ini dibeli di godaddy sekitar $18 untuk jangka waktu pemakaian dua tahun. Ketika selesai dua tahun, domain tersebut tidak saya perpanjang lagi karena tidak berminat mengembangkannya lagi.

Pengalaman terbaru tahun 2016 ini malah domain co.uk bisa lagi di beli oleh orang luar Inggris atau internasional. Bisa dicek di godaddy, anda tak akan lagi ditanya dokumen-dokumen pendukung yang menyatakan anda berdomisili di Inggris. Akhirnya, saya coba beli satu domain co.uk di godaddy. Setelah dibeli langsung diparkir ke beberapa server, entah kenapa domain ini tidak bisa parkir-parkir. Selalu saja mendapat pesan error dari servernya. Coba dicek di www.whois.net, ternyata ada salah satu catatan yang membuat saya kecewa, yaitu "Nominet was not able to match registrant's name and/or address against a 3rd party resource on 06-Mar-2016".

Dari petunjuk ini, saya menyimpulkan bahwa domain co.uk tidak bisa dibeli lagi oleh orang luar Inggris atau Internasional karena ada verifikasi alamat yang dilakukan oleh Nominet. Nominet sendiri adalah sebuah lembaga yang memegang otoritas pengelolaan domain co.uk di Inggris. Memang peraturan dapat berubah dari waktu ke waktu, namun sayangnya tidak ada informasi kalau orang luar Internasional tidak bisa beli domain co.uk terutama informasi dari registrarnya godaddy. Semoga pengalaman saya ini dapat bermanfaat bagi domainer yang lain.

Komentar

Postingan Populer